Kamis, 01 Oktober 2009

RUMAH MAKAN PADANG

Kegiatan ekonomi dapat didefinisikan sebagai kegiatan seseorang ataupun suatu masyarakat untuk memproduksi barang dan jasa, maupun mengkonsumsi (menggunakan) barang dan jasa. Dalam melakukan berbagai kegiatan seorang individu atau masyarakat. Cara keseluruhannya akan mempunyai beberapa pilihan atau alternative untuk menggunakannya. Berdasarkan kepada alternative-alternatif yang tersedia tersebut, mereka perlu mengambil keputusan untuk memilih alternative yang terbaik.
Terdapat banyak cara untuk menggolongkan jenis-jenis barang,salah satunya yaitu barang ekonomi. Barang ekonomi adalah barang yang memerlukan usaha untuk memperolehya. Contoh beras, makanan lain dan barang-barang produksi industri. Barang ekonomi dapat pula di bedakan pada barang konsumsi. Contoh makanan, pakaian dan lain-lain.
Seperti yang saya analisa yaitu rumah makan padang. Saya sempat berbincang-bincang dengan seorang pemilik rumah makan padang di sekitar rumah saya. Beliau menceritakan dan menjelaskan awal mula berdirinya rumah makan padang.beliau mendirikan rumah makan padang sudah kurang lebih 7 tahun sejak tahun 2002. Sejak tahun itu hingga kini Alamdullillah beliau sudah memiliki cabang di daerah-daerah lain. Pada saat itu beliau sempat mengajak saya untuk melihat cara memproduksi makanan mentah menjadi makanan jadi. Kira-kira dalam sehari ruma makan tersebut bisa menghabiskan sekitar 150 porsi. Saya melihat-lihat keadaan di dalam rumah makan tersebut kurang lebih 5 sampai 7 orang pegawai dan mereka mempunyai tugas masing-masing.
Rumah makan padang memiliki berbagai factor produksi yang tersedia dalam perekonomian. Sector ini menyediakan tenaga kerja dan tenaga usahawan. Tenaga kerja menerima gaji dan upah serta dalam rumah makan tersebut memeliki harga tetap dan pemilik keahlian usahawan menerima keuntungan.
Jadi, para penjual harus melayani para pembeli dengan baik dan keinginannya terpenuhi. Dengan cara ini penjual akan meningkatkan produksi dan keuntungannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar